Kamis, 28 Maret 2013

Tentang Stand Up Comedy.

Yakk..
setelah beberapa hari nggak nulis di blog lagi dengan alasan yang lumayan nggak jelas, malam hari ini gue ingin memulai lagi dengan menulis sesuatu yang ditulis dengan menulis.

Stand up comedy..
Udah banyak yang kita ketahui secara umum tentang salah satu jenis comedy yang satu ini..
beberapa tokoh stand up comedian seperti, Raditya Dika, Pandji, Rian Adriandhi, Ge Pamungkas, dan masih banyak lagi comic (sebutan bagi para comedian) yang tersebar di seluruh Indonesia. Stand up comedy ini bisa kita artikan sendiri sih, kalo menurut gue ya.. Stand up= berdiri, comedy=komedi, jadi stand up comedy itu kita berkomedi sambil berdiri, tapi gatau yang berdiri apanya. tapi yang jelas sih orangnya lah.
Ini kalau kita lihat secara umum...

Dan ternyata stand up comedy ini ada teorinya juga loh..
ini yang gue kutip dari twitternya  "@GePamungkas" yang lagi sharing tentang teori-teori stand up comedy.

Selamat siang para tweeps.. Hari ini saya akan memberikan segelintir informasi tentang bgmn cara melakukan standupcomedy

Berbeda dgn comedy yg lainnya, standupcomedy timbul dari kejujuran dan keresahan para komik~~ pengalaman diri sendiri


Oleh karena itu, materi2 yg muncul pun berasalnya dari keresahan & kegelisahan kita. Baik itu dr fisik, kelakuan org lain

Mungkin ada kebingungan dalam penulisan materi, bagaimana caranya ya? Gimana sih biar lucu??  

Sebenernya banyak teorinya, tp buat yg mau coba inget 2 aja: Premis dan Punchline.. Ini adalah dasarnya banget  

Premis itu kata pembukaan dr topik lo.. Berisikan tentang pernyataan akan suatu hal, biar penonton tahu apa yg mau diomongin  

Punchline itu adalah hal lucu yg ingin lo sampaikan.. Biasanya absurd, berlebihan, bahkan tolol.. Misalnya yaa gw contohin  

Premis: Ga semua yg lo pengen itu bakal kecapaian, contohnya gw.. Punchline: CITA-CITA GW MAU JADI POLWAN, TAPI GA BISA

Nah, dalam penulisan premis pun ad triknya.. pertama2, jgn ampe kepanjangan,, kadang2 krn premis kepanjangan, penonton bisa bosen  

Ibarat premis panjang, lo nanya "Mas, toilet dimana ya?" tapi malah "Jadi begini, toilet adalah tempat untuk berak, dan saya~~"  

Nah, berikut adalah dari penulisan materi yaa.. Sekarang mari membahas, "Apa itu lucu??"  

Menurut pakar pelacuran, , kelucuan itu ada 3 tipe.. Analogi, exagerasi, dan masturbasi~~maksud saya personifikasi  

Analogi: Mengandaikan sesuatu.. Contoh: byk tabrak lari kucing di jalanan shg ad penampakan pocong-kucing , kucing gentayangan  

Exagerasi: melebaykan sesuatu,, ya lebay aja.. gak perlu gw contohin kan? Laper = Makan berak = LEBAY  

Nah, barusan udah ngebahas premis, punchline, dan cara penulisan materi.. Ad pertanyaan? gw kasih 20 detik yaa  

Oke, ga ada pertanyaan? mari kita move on ke "apa yg dilarang".. Jangan disitu terus, move on lahh  

Dilarang memakai lelucon orang lain!! Punchline itu susah dptnya, ngga dari boker terus dapet! Inspirasinya susah, jd jgn mencuri  

Dilarang memakai lelucon jalanan, alias lelucon yg emg udh beredar! Cerita2nya udah basi woy, semua org tau.. Jgn males, kampret  

Dalam standupcomedy-ing, lo boleh ngomong apa aja, asal jgn ngomongin orang cacat.. Itu emg nasib woy, kasihannn!! Jangan yaa  

Trus klo ngomongin pemerintahan juga boleh, asal jgn presidennya yaa... ada undang2ny, kan ga enak lo ampe dipenjara krn ngelawak  

Dan jangan maenin ayat2 suci dari Alkitab ataupun Al-Quran yaa.... Sekedar teman yg ga mau ngeliat lo standup di neraka  

SARA boleh tapi ada syaratnya.. Kl lo ngeledek Cina & lo sendiri orang Cina = aman.. Tp klo ngeledek Batak tp lo org Cina = DIE!!  

Premis dan Setup itu dua hal yg beda. Premis itu inti argumentasi kita, misalnya gw merasa adanya ketidakadilan terhadap sapi  

Dan dari premis tsb menghasilkan setup yg lebih panjang,, ya dijelasin kenapa lo merasa adanya ketidak adilan tersebut?  

Setup itu bagian gak lucunya dari sebuah lelucon. Jadi, dari premis itu kita olah jadi setup  

Nah, mari kita membahas lagi keresahan.. Materi gampang banget didapat dari apa yg membuat lo gelisah, bingung, takut, & inginkan  

Keresahan & kegelisahan timbul dr pengalaman hiduplo sehari2, gossip yg beredar, bahkan nemu tulisan "no smoking" bisa juga resah  

Dah, kita udah track-back ke keresahan, premis-setup-punchline, tipe lelucon, dan hal2 yg dilarang.. Skrg "artikulasi dan timing"  

Artikulasi adalah pronounciation (malah tambah ga ngerti ya?) intinya cara lo bicara! jgn kecepetan, terlalu kenceng, atau pelan.

Timing adalah waktu yg dikasih ke elo on-stage.. Hargain banget ya!! Klo dikasih 5 menit, ya udah pake 5 menit jgn kelebihan  

Krn masih ada comic2 lainnya.. Dan klo jatah 5 menit tp lo pake 9 menit, kasian comic setelah lo.. jatahnya cuman semenit  

Sekarang mari kita membahas tentang beberapa istilah dalam standupcomedy..  

Dari pertanyaan , Riffing adalah proses interaksi ke penonton.. Ini guna banget buat narik perhatian penonton  

Banyak banget istilah-istilah dalam dunia per-standupcomedy-ing, namun seperti anak2 jaman sekarang.. Kasih tau ga eaaaaaa  

 Sekarang saya akan memulai, bagaimana cara mengambil perhatian penonton untuk menonton anda  

Mengutip , seorang comic menggantungkan 100% nasibnya kpd penonton,, jd klo ga didenger, rasanya kyk pengen 

Terkadang kita punya materi opening yg bagus, namun penonton masih bertanya-tanya "kenapa gw harus dengerin elo??"  

Nah, kadang2 kita bisa memberi alasan knp kita hrs didenger, dengan cara "riffing"  

"Riffing" bersifat penyampaian materi yg mengikut sertakan penonton. terkadang bisa memuji, bahkan meledek penonton, atau tempat  

Proses riffing bisa dimulai dari melihat situasi dalam venue; ada yg aneh dlm cara duduk audience, tempat, bartender, dll..  

Namun ingat! jangan pernah meledek penonton yg sifatnya "Apa itu elo",, usahakan ledeknya bersifat "apa yg lo lakukan"  

Jangan seperti "Mas, itu kok makannya belepotan?? Oh pantes, SUMBING TOH!!!" JANGAN!!!!! Jangan yg bersifat fisik pokoknya  

Nah, apabila riffing nya sukses, otomatis perhatian dan alasan "kenapa kita harus dengerin elo" penonton mulai kita dapatkan..  

Nah, sekarang kita moving-on.. Mari membahas "Act-Out"  

"Act-out" itu intinya gesture dari comic, bisa bersifat dari suara, mimik muka, bahkan gerakan tubuh..  

Berbeda dgn Opera Van apaa gitu ya yg suka slapstick , Act-out berfungsi utk membawa imajinasi penonton dgn materi kita  

Dengan komposisi "Setup-Punchline-Actout" kita bisa mendapatkan ketawa dua kali dalam satu puchline.. Enak kan??  

Coba lihat performance , karena act-out nya dia kita jadi ngerti kan, ama apa yg dia sampein?? Nah, itu guna Act-out  

Namun ingat, Act-out itu juga tingkat resikonya tinggi.. Bayangin aja klo lo Act-out ampe kayang, trus ga ada yg ketawa?? MALU!!  

Dan kalo Act-out jangan ampe kelebihan ya.. Misal: robek pakaian, cukur alis ampe habis di stage, nelen pedang.. Jangan!!  

Nah, mari kita beranjak ke topik "Tata cara mengatasi Heckler"  

"Heckler" adalah upaya penonton dalam merusak performance kita. Contoh: ada penonton teriak "GAK LUCU LO, BISPAK!!!"  

Dalam mengatasi Heckle, kita jangan panik dan jgn kebawa emosi.. Jangan nangis, dan jangan banting microphone,, act cool aja  

Bisa dengan "Mas, gak sopan... Ngomong begitu kok ke bokap! Pulang gih!!" atau jawaban cool lainnya (ASSIKK)  

Karena kalo kita nafsu ngebales perkataan heckler, kita bisa lupa ama materi kita.. Atau bahkan mempengaruhi performance kita  

dalam delivery ada artikulasi, mic-ing, gesture sama emosi. Artikulasi itu menyangkut jelasnya kata-demi-kata yang dilontarkan  

Harus jelas doong, klo mau ngomong.. Jangan "Bantu saya revisi konsep" tapi ntar penonton dengernya "Bantu saya bersihin kloset"  

Mic-ing itu meliputi volume ama stressing.. Jangan kegedean klo ngomong, itu mic bukan toa! Ntar ga enak didengernya  

Stressing itu terkadang berfungsi untuk membedakan mana setup dan punchline,, karena ada perbedaan penekanan dalam berbicara  

contoh stressing: "Waktu kecil org tua gw suka maen smackdown, dan gw ga diajak.." lalu stressingnya: "RUPANYA MEREKA SEKS!!"  

Gesture meliputi gerakan tubuh & muka.. Gw paling suka hal ini, karena dapat membawa penonton selevel sama emosi dan imaji kita  

dari alis, mata melotot, hidung mengembang,, kita bisa ngasih efek ke penonton klo kita itu kaget / bingung..  

Bahkan contoh tangan aja Pak Lurah klo pidato. Itu juga termasuk gesture kan? Nunjuk2 langit "Bersyukur hari ini tidak HUJAN!!"  

Ingat, ini standupcomedy, bukan khotbah! Santai ajaa, fleksibel,, berani bergaya jijik, jangan tampil ganteng terus2an  

dan yg terakhir dari delivery itu adalah emosi! Emosi itu bergantung dari materi kita, dan kejujuran kita sendiri  

Klo materiny berupa kekesalan, jadilah kesel.. jangan "GW KESEL BANGET!" Tapi mulutnya monyong-mingkem,, malah becanda  

oke, mari kita membahas "Izin Ketawa".. Setiap penonton mempunyai ini  

"Izin Ketawa" berasal dari hal-hal yg sensitif, bahkan kejadian tragis yg berlangsung belakangan ini.... sebentar, boker dulu  

maksud dari "Izin Ketawa" itu, kita harus sadar bahwa akan ada beberapa hal yg tidak bisa diketawain ama penonton  

Peristiwa Tugu Tani, misalkan.. Hindari kalau bisa, karena menertawakan tragedi orang lain itu sangat-amat-dilarang!!  

Agama, ras, dan seks adl materi yang "Izin Ketawa"nya pun beresiko, namun masih bisa dilakukan klo emang kocak banget materinya  

Bagi yg ingin mencoba openmic, klo bisa hindari materi yg sifatnya nyerempet "Izin Ketawa",, ini khusus expert spt  

Yak, berikut merupakan sesi akhir dari .. Sampai sini a.... ada pertanyaan gak, sampai sini? (Hampir niru )

Baiklah, dgn ini berakhir sudah .. Terima kasih udah mantengin TL, mohon maaf apabila ada salah kata krn saya juga pemula kok :)

Hmmm.. lumayan banyak juga ternyata teorinya, sudah dibaca semua kan? dibaca semua apa cuma di scroll-scroll aja?
teori-teori ini sudah banyak dipraktekkan oleh hampir semua comic yang lagi perform. kadang juga mereka menciptakan teori yang belum ada sebelumnya.

oke segitu dulu yang bisa gue tulis malam jumat ini. semoga bermanfaat bagi yang ingin mencoba ber-stand up comedy. dan semoga berhasil lucu. :))

Salam Lucu.




 





 

1 komentar:

  1. bagaimana dengan teknik one liner? word play? diksi?greb?interpersonifikasi? dll

    BalasHapus